Minggu, 15 November 2009

bab 3

BAB 3 MENGGUNAKAN EMAIL UNTUK KOMUNIKASI
Dua Cara untuk Mengirim dan Menerima Email
Program Email
Program email atau perangkat lunak klien email, memungkinkan Anda untuk mengirim email dengan cara menjalankan perangkat lunak email pada komputer Anda. Perangkat lunak ini kemudian berinteraksi dengan server email pada ISP Anda untuk mengirim dan menerima email. Kelebihan program email standar adalah Anda bisa mengintegrasikan email dan aplikasi lain secara mudah, misalnya dengan kalender, daftar tugas dan daftar kontak.
Email Berbasis Web
Anda bisa mengirim dan menerima email dengan berinteraksi ke sebuah situs web melalui browser, misalnya Yahoo! Mail, Hotmail, Bluebottle, Sacmail. Kelebihan email berbasis web ini adalah Anda bisa mengirim dan menerima email dengan mudah meski Anda sedang bepergian di seluruh penjuru dunia, bahkan karena semua email masuk, email yang keluar dan folder telah tersimpan di server email, Anda juga bisa menggunakan PC dan browser untuk mengelola email.
Cara Menggunakan Email
Tip-tip menggunakan email dengan baik yang akan memudahkan Anda dalam mengirim, menerima, dan membalas email:
Hati-Hati Mengetik Alamat Email.
Gunakan Perintah “Replay” ketika menanggapi sebuah pesan email yang dikirimkan seseorang padaAnda.
Gunakan Fitur Buku Alamat yang bisa menyimpan alamat email orang-orang yang telah mengirimi Anda pesan email pada “buku alamat” (address book) yang tersedia di program email.
Hanya Satu Kali Berurusan dengan Email. Ketika sebuah pesan masuk, hapuslah, bacalah, balaslah, atau simpanlah di folder yang lain. Jangan gunakan kotak masuk (inbox) untuk menyimpan email.
Jangan “Menghias” Email dengan gaya penulisan yang dipenuhi gaya penulisan warna-warni, logo, dan gambar latar belakang yang akan membutuhkan waktu yang lebih lama ketika di-download.
Mengurutkan Email
Salah satu cara untuk mengatur email adalah dengan menggunakan pengatur instan yang disebut filter. Filter berfungsi untuk mengurutkan email berdasarkan nama pengirim atau milis dan menempatkan email sejenis pada satu folder.
Lampiran (Attachment)
Fitur lampiran email cukup bermanfaat karena mampu menjaga format dokumen, asalkan si penerima mempunyai perangkat lunak pengolah kata sama seperti yang Anda gunakan.
Instant Messaging (IM)
Kelebihan Instant Messaging (IM)
Pengguna pada sistem email manapun dapat mengirim pesan dan memunculkannya di layar penerima segera setelah si penerima tersebut log on ke sistem.
Memperoleh kapabilitas IM. Contoh sistem IM adalah Yahoo Messanger yang memungkinkan chat dengan suara jika pengguna menggunakan mikrofon dan speaker.
Kekurangan Instant Messaging (IM)
Kurangnya privasi.
Kurangnya standar: kebanyakan produk IM tidak bisa saling berkomunikasi satu sama lain.
Menghabiskan waktu, apalagi saat Anda sedang sibuk menyelesaikan sesuatu.
FTP- untuk Menyalin Seluruh File Gratisan yang Anda Inginkan
FTP (File Transfer Protocol) adalah standar perngkat lunak untuk mentransfer file antarkomputer pada sistem operasi yang berbeda. Sebagian situs FTP bersifat terbuka untuk umum (yakni anonymous FTP site), sedangkan yang lain bersifat tertutup. Anda bisa men-download file FTP dengan menggunakan browser atau perangkat lunak khusus (disebut program klien FTP), semisal Fetch & Cute.
Newsgroup- Diskusi Online via Tulisan untuk Topik-topik Tertentu
Newsgroup (atau forum) adalah buletin board elektronik raksasa di mana para penggunanya bisa berdiskusi melalui tulisan tentang topik-topik tertentu. Newsgroup bertempat di jaringan komputer tertentu yang disebut Usenet. Untuk berpartisipasi, Anda perlu memiliki newsreader sebuah program yang telah tercakup pada browser sehingga Anda bisa mengakses newsgroup dan membaca atau menuliskan pesan.
Litserv: Kelompok Diskusi Berbasis Email
Litserv adalah server milis yang secara otomatis mengirim email kepada para pelanggan yang berpartisipasi dalam topik diskusi. Untuk berlangganan cukup kirimkan email ke moderator list-server dan mintalah untuk menjadi anggota.
Real-time Chat: Diskusi via Tulisan Antarpeserta Online
Pada RTC (Real-Time Chat), para peserta berdiskusi ketika online pada waktu yang sama, seperti halnya percakapan telepon (kecuali bahwa RTC menggunakan tulisan, bukan lisan). RTC biasanya melibatkan banyak peserta sekaligus. Untuk memulai chat, Anda bisa menggunakan jasa yang tersedia di browser, misalnya IRC (Internet Relay Chat) untuk menyambungkan Anda ke server chat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar