Rabu, 13 Januari 2010

bab 7

BAB 7 MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT LUNAK LEMBAR KERJA BESERTA FUNGSI IKON DAN MENUNYA

A. Manfaat Program Lembar Kerja

Miicrosoft Corporation sudah mengeluarkan bebrapa program aplikasi Microsoft Office. Pada semua program aplikasi tsb, ada program aplikasi spreadsheet atau Microsoft Excel.
Microsoft Excel dapat digunakan untuk membantu dlam melakukan pengolahan angka2, menghitung, dengan menggunakan rumus dan membuat grafik yang sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pda berbagai bidang seperti administrasi, akuntansi, statistic, dll. Selain itu, program ini juga dilengkapi dengan fasilitas hyperlink yang dapat membuka dan mengaktifkan data atau informasi yang terdapat pada lembar kerja maupun file yang berbeda, bahkan pada web tertentu.
Terdapat beberapa perbedaan antara spreadsheet versi lama dgn Microsoft Excel XP yaitu:
1. Pemberian warna pada tab sheet bertujuan agar pengguna dapat mengklasifikasikan jenis data dgn warna yang berbeda.
2. Adanya fasilitas mengirim sebuah range yang dapat dilakukan dgn memanfaatkan jaringan internet.
Penggunaan program lembar kerja diantaranya, yaitu:
1. Mengatur keuangan.Ms. Excel dapat membantu kita tuk mengatur dan menampilkan informasi secara teratur.
2. Mengatur data dalam suatu daftar secara terurut. Suatu program lembar kerja membantu kita tuk menyimpan kumpulan informasi dalam jumlah besar.

B. Mengaktifkan Program

Ada beberapa cara mengaktifkan Ms. Excel, seperti melalui menu pada taskbar, ikon pada desktop, dll.
Keterangan lembar kerja Ms. Excel:
a. Menu bar f. Penunjuk sel
b. Toolbar g. Name box atau nama sel
c. Formula bar h. Baris
d. Task pane i. Tab sheet
e. Kolom j. Scrool bar


C. Menggunakan Menu pada Microsoft Excel

Dalam Ms. Excel tdpt beberapa menu, dimana setiap menu mempunyai submenu sesuai dengan fungsinya. Terdiri dari File, Edit, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help

1.Menu File
Menu file berisi perintah-perintah tuk mengolah buku kerja (workbook) Ms. Excel, seperti:
• New, membuat dokumen atau lembar kerja baru
• Open, membuka dokumen atau lembar kerja dengan perintah
• Close, menutup dokumen atau lembar kerja dengan perintah
• Save atau save as, untuk menyimpan suatu dokumen
• Page setup, pengaturan hlaman atau atau lembar kerja

2. Menu Edit
Menu edit merupakan menu yang digunakan untukmelakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif, seperti:
• Undo, pembatalan perintah terakhir yang telah dilakukan
• Cut dan Copy, Melakukan penyalinan data
• Paste, memindahkan hasil penyalinan
• Delete, menghapus kesalahan

3. Menu View
Merupakan menu yang berisi perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Ms. Excel, seperti:
• Task pane, pengaturan lembar kerja
• Toolbar
• Status bar
• Formula bar
• Pembuatan header dan footer

4. Menu Insert
Menu edit merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang diperlukan tuk melakukan penyisipan pada lembar kerja, baik berasal dari dalam maupun luar lingkungan Ms. Excel, seperti menyisipkan atau menambah sel, baris, kolom, grafik, dll. Selain itu ada juga:
• Function, penyisipan rumus yang digunakan tuk melakukan berbagai macam perhitungan secara otomatis.
• Picture, penyisipan gambar pada lembar kerja
• Hyperlink

5. Menu Format
Menu format merupakan suatu menu yang berisikan kumpulan perintah yang digunakan tuk mengatur format dasar dari lembar kerja. Peritah pada menu format meliputi pengaturan jenis huruf, format, angka, warna, kolom, dll.

6. Menu Tools
Menu Tools berisikan perintah yang digunakan tuk melakukan pengecekan ejaan, pengaturan workbook agar dapat digunakan computer lain dalam suatu jaringan bersama-sama. Ms. Excel dilengkapi dengan perintah protection, dimana perintah ini sangat berguna tuk melindungi data agar tidak dapat dilihat oleh orang lain.


7. Menu Data
Menu data berisikan perintah yang digunakan tuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja. Perintah ini dapat digunakan untuk mengurutkan data dari yang terkecil sampai yang terbesar, menyaring data, menghitung nilai subtotal dan total,membuat table,dll

8. Menu Window
Menu Window digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Ms. Excel yang sedang aktif. Selain ada juda yang bis adigunakan, seperti:
• New Window, menampilkan jendela baru pada workbook
• Arrenge, melakukan pengaturan letak workbook yang sedang aktif
• Hide, menyembunyikan jendela workbook yang sedang aktif
• Unhide, menampilkannya kembali

9. Menu Help
Menu help merupakan menu yang digunakan sebagai menu bantuan tuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja. Selain itu terdapat perintah yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan.

D. Ikon pada Microsoft Excel

• Ikon-ikon diwakili dengan symbol atau gambar yang merupakan gambaran dari duatu perintah.
• Toolbar Standard terdiri atas ikon-ikon yang digunakan tuk membuka dokumen baru, membuka dokumen yang pernah dibuat sebelumnya, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dll
• Toolbar Formatting terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi tuk menjalankan perintah-perintah tuk mengatur format dasar dari dokumen atau lembar kerja.
• Toolbar yang tidak ditampilkan pada Ms. Excel dapat dipilih melalui menu View toolbars, kemudian memilih jenis toolbar yang ingin ditampilkan,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar