Jumat, 15 Januari 2010

bab 2 ( X )

Mengidentifikasi Elemen Siklus Pemrosesan Informasi

Definisi Komputer
Definisi Komputer Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: - menerimainput - memproses input tadi sesuai dengan programnya - menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan - menyediakan output dalam bentuk informasi
Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa djamah.
2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

Penggolongan Komputer Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya. Berdasarkan Data Yang Diolah Komputer Analog Komputer Digital Komputer Hybrid Berdasarkan Penggunannya Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer) Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya Komputer Mikro (Micro Computer) Komputer Mini (Mini Computer) Komputer Kecil (Small Computer) Komputer Menengah (Medium Computer) Komputer Besar (Large Computer) Komputer Super (Super Computer) Berdasarkan Generasinya Komputer Generasi Pertama (1946-1959) Komputer Generasi Kedua (1959-1964) Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang) Komputer Generasi Kelima

DATA DAN INFORMASI

1.1 Data vs Informasi
Dalam pengertian umum terkadang orang menyamakan arti antara data dan informasi. Padahal terdapat perbedaan antara keduanya kalau dilihat dari isi maupun output yang dihasilkannya.
Secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :
Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadan yang kita hadapi (data is the description of things and events that we face).
Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Sebagai contoh, pendapatan Telkom salah satunya adalah pemakaian telepon dari pelanggan yang disimpan dalam bentuk AMA oleh Telephone Exchange dan setiap bulannya diolah menjadi suatu nilai-nilai tertentu yang akan ditagihkan ke pelanggan tersebut. Kesatuan nyata (fact and entity) adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.
Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data-item. Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, sehingga perlu suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan informasi.
Hal tersebut dapat dilihat dalam contoh kasus sebagai berikut ; data-data pemakaian telepon oleh pelanggan merupakan data magnetik yang disimpan dalam telephone exchange. Setiap akhir bulan data-data tersebut diolah oleh Sisfo menghasilkan angka-angka yang menunjukan pemakaian telepon pelanggan dalam Rupiah yang telah dikonversi.
Data-data tersebut akan menghasilkan informasi bila diolah, antara lain :
L11 yang akan ditagihkan kepada pelanggan (berisi perincian pemakaian lokal, sljj, telkomnet instan, nanguranet, japati, airtime dll).
Laporan pendapatan total Kandatel per bulan atau per WKC.
Laporan pendapatan per produk : lokal, sljj, TelkomNet Instan, NanguraNet, TelkomGlobal, TelkomSMS, Premium Lokal dll.
Pertumbuhan SST, pendapatan, produk tahun ……. Dll.
Dari ilustrasi dan uraian diatas dapat diterangkan definisi informasi. Terdapat beberapa definisi informasi, antara lain :
Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Sebagai contoh, informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan naik, akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi akan dilakukan.
Data organized to help choose some current or future action or nonaction to fullfill company goals (the choice is called business decision making).
1.2 Pengolahan Data (Data Processing)
Adalah masa atau waktu yang digunakan untuk mendeskripsikan perubahan bentuk data menjadi informasi yang memiliki kegunaan (data processing is the term used to describe changes performed on data to produce purposeful information).
Operasi yang dilakukan dalam pengolahan data :
1. Data input
Recording transaction data ke sebuah pengolahan data medium (contoh, olah data magnetic tape ke data text).
Coding transaction data ke dalam bentuk lain (contoh, converting data teks ke data field DBF).
Storing data or information untuk pengambilan keputusan (potential information for future).
2. Data transformation
Calculating, operasi aritmatik terhadap data field (contoh, pendapatan kastamer per CID).
Summarizing, proses akumulasi beberapa data (contoh, resume pendapatan TelkomNet Instan per WKC beserta jumlah usernya).
Classifying data group-group tertentu :
Categorizing data kedalam group berdasar karakteristrik tertentu (contoh, pengelompokkan data PSB per investor : Telkom/Globalfon).
Sorting data kedalam bentuk yang berurutan (contoh, pengurutan NIK pegawai secara ascending).
Merging untuk dua atau lebih set data berdasar kriteria tertentu (misal, menggabungkan data pendapatan selama setahun).
Matching data berdasar keinginan pengguna terhadap group data (contoh, memilih CID dengan pendapatan > 50 juta per bulan).
3. Information output
Displaying result, menampilkan informasi yang dibutuhkan pemakai melalui monitor atau cetakan.
Reproducing, penyimpanan data yang digunakan untuk pemakai lain yang membutuhkan.
Telecommunicating, penyimpanan data secara elektronik melalui saluran komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar